TEMU USAHA IKM BATIK BANYUMAS

Image

Senin, 7 Mei 2018 bertempat di Aula Dinperindag Kabupaten Banyumas telah dilaksanakan Temu Usaha IKM Batik Banyumas yang diikuti 40 peserta, sedangkan sebagai nara sumber adalah Aliansi Batik Banyumasan dan Koperasi Batik Indonesia (PERBAIN).

Industri batik merupakan salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Banyumas dan sudah ditetapkan sebagai salah satu industri unggulan daerah. Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinperindag Kabupaten Banyumas dalam rangka mengembangkan sektor industri batik antara lain :

  • Pelatihan teknis produksi dan manajemen
  • Fasilitasi mesin/peralatan produksi
  • Fasilitasi merek dan batik mark
  • Lomba desain motif dan fashion batik
  • Promosi melalui kegiatan pameran dll

Dari tahun ke tahun jumlah IKM batik meningkat, penggemar/konsumen pun semakin meningkat. Namun bukan tanpa permasalahan, karena ketersediaan bahan baku, perkembangan teknologi produksi serta tuntutan produksi yang ramah lingkungan menjadi tantangan bagi para perajin batik. Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks pelaku industri batik sudah tidak bisa berjalan sendiri sendiri tetapi harus bersinergi dan meningkatkan kerjasama kemitraan antar stake holder industri batik. Dari Temu Usaha ini diharapkan ada penyamaan persepsi dan langkah antar stake holder terkait dalam menghadapi berbagai tantangan pada sektor industri batik, selain adanya penguatan kerjasama kemitraan antar stake holder IKM Batik Banyumas.

.

Komentar