Headline Image

PELAYANAN TERA DI KANTOR

  • a.      Dasar Hukum 

1.      Undang-Undang No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal;

2.      Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2024 tentang Kegiatan Tera dan Tera Ulang Alat Ukur, Alat Timbang, dan Alat Perlengkapan Metrologi Legal.

 

  • b.     Persyaratan Pelayanan

1.      Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) yang Wajib Ditera dan Ditera Ulang sesuai Permendag 67 Tahun 2018;

2.      UTTP memiliki Izin Tipe atau Izin Tanda Pabrik;

3.      UTTP yang dibawa dalam keadaan Bersih dan Kering


  • c.     Persyaratan Pelayanan

1)     Wajib Tera membawa UTTP ke kantor (Ruang Pelayanan Tera Kantor);

2)     Pegawai Berhak melakukan kaji ulang permintaan Tera/Tera Ulang milik Wajib Tera yang meliputi pemeriksaan visual dan uji fungsi UTTP.

a)      Jika hasil pemeriksaan diperoleh bahwa UTTP tidak memenuhi persyaratan untuk diuji maka UTTP dikembalikan kepada pemohon;

b)     Jika hasil pemeriksaan diperoleh bahwa UTTP memenuhi persyaratan untuk diuji maka Wajib Tera mendaftarkan UTTP ke loket pendaftaran dan menerima formulir pendaftaran Tera/Tera Ulang UTTP.

3)     Pegawai Berhak melakukan pengondisian UTTP yang akan diuji;

4)     Pegawai Berhak melakukan pengujian unjuk kerja UTTP milik Wajib Tera sesuai ketentuan yang berlaku;

5)     Jika dari pengujian didapatkan bahwa hasil tidak memenuhi persyaratan maka dikembalikan terlebih dahulu kepada pemohon untuk diperbaiki:

a)      Jika UTTP dapat diperbaiki maka dilakukan pengujian kembali;

b)     Jika UTTP tidak dapat diperbaiki maka UTTP dibubuhi cap tanda tera BATAL dan UTTP dikembalikan kepada pemohon.

6)     Jika pengujian UTTP didapatkan memenuhi persyaratan maka UTTP dibubuhi cap tanda tera SAH dan dipasang Stiker;

7)     Penerbitan Surat Keterangan Hasil Pengujian (SKHP) bila diperlukan oleh Wajib Tera.


  • d.     Jangka Waktu Penyelesaian

Maksimal tujuh (7) hari kerja.


  • e.      Biaya/Tarif

Gratis.

 

  • f.       Produk Pelayanan

1.      UTTP yang bertanda Tera SAH atau tanda Tera BATAL;

2.      Stiker;

3.      Surat Keterangan Hasil Pengujian (SKHP) bila diperlukan.

 

  • g.      Sarana Prasarana / Fasilitas

1.      Ruang Pelayanan Kantor;

2.      Laboratorium Massa;

3.      Laboratorium Volume;

4.      Laboratorium Panjang;

5.      Instalasi Uji Taksi;

6.      Instalasi Uji Meter Air;

7.      Instalasi Uji Tangki Ukur Mobil;

8.      Standar Ukuran yang tersertifikasi dan tertelusur;

9.      Ruang Tunggu;

10.   Ruang Menyusui;

11.   Internet/Wifi;

12.   Komputer/Laptop/Tablet;

13.   Toilet;

14.   Mushola.

 

  • h.     Kompetensi Pelaksana

1)     Pegawai Berhak:

-        Mengikuti Diklat Fungsional Penera;

-        Memiliki Sertifikat Pegawai Berhak / Inisial Pegawai Berhak.

2)    Penera

-        Mengikuti Diklat Fungsional Penera.

3)    Petugas Non Teknis / Pendata

Bisa mengoperasikan komputer/tablet.

 

  • i.       Pengawasan Internal

Dilaksanakan oleh atasan langsung secara berjenjang, kontinyu, dan konsisten.

 

  • j.       PenangananPengaduan, Saran, dan Masukan

1.      Kantor Bidang Metrologi

2.      Jl. D.I. Panjaitan No.222, Purwokerto

3.      Telp. (0281)636846

4.      Lapak Aduan Banyumas 08112626116,

5.      Whatsapp,SMS Metrologi Banyumas (082138826263)

6.      Instagram (@metrologibms),  Facebook (Metrologi Banyumas)

7.      Kotak Saran

8.      email :metrologipwt@gmail.com

 

  • k.     Jumlah Pelaksana

1.      minimal 1 orang Pegawai Berhak;

2.      minimal 1 orang Tenaga Non Teknis.

 

  • l.       Jaminan Pelayanan

Diwujudkan dalam kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur serta didukung oleh Pelaksana yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang cepat, efisien, ramah, ikhlas dan aman.

 

  • m.    Jaminan Keamanan dan KeselamatanPelayanan

Diwujudkan dalam bentuk layanan yangbebas dari hal-hal yang tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yangberlaku di lingkup Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Banyumas

 

  • n.     Evaluasi Kinerja Pelaksana

Dilakukan setiap 1 (satu) tahun sekali untukselanjutnyadilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.